Article Detail

DINAMIKA KELOMPOK: BELIEVE YOU

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Nama Dinamika Kelompok: Believe You

Latihan yang menyenangkan ini digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam memberi kepercayaan pada kemampuan yang dimiliki orang lain.

 Prosedur :

  1. Guru BK menyiapkan kertas sejumlah anggota kelompok yang disesuaikan dengan kelompok yang ada.
  2. Seluruh siswa dikelas membuat satu lingkaran besar, sambil menanyakan siswa yang pernah patah tulang pada lengan/pangkal lengan/sendi (jika ada dijadikan pengamat permainan)
  3. Secara bergantian guru BK meminta masing-masing siswa untuk mengambil nomer kertas yang telah siapkan.
  4. Setelah lingkaran besar terbentuk diminta saling bergandengan tangan dengan menggunakan siku lengan.
  5. Putaran pertama, Guru BK menyebutkan 1 nama kelompok maka kelompok tersebut mengangkat kedua kaki dengan mengandalkan kekuatan siku tangan yang saling bergandengan dalam lingkaran besar.
  6. Siswa dalam kelompok pasti mengalami kesulitan maka Guru BK meminta satu anak untuk mengatur agar kelompok yang disebutkan namanya dan harus mengangkat kedua kaki bisa dilakukan.
  7. Putaran kedua, Guru BK menyebutkan 1 nama kelompok lagi yang berbeda maka kelompok tersebut mengangkat kedua kaki dengan mengandalkan kekuatan siku tangan yang saling bergandengan dalam lingkaran besar.
  8. Jika masih belum terjadi, guru BK meminta bantuan 2 orang siswa lagi untuk mengatur.
  9. Pada putaran ketiga, Guru BK menyebutkan 1 nama kelompok lagi yang berbeda maka kelompok tersebut mengangkat kedua kaki dengan mengandalkan kekuatan siku tangan yang saling bergandengan dalam lingkaran besar.
  10. Dinamika dihentikan untuk refleksi.

Bahan diskusi :

  1. Apa perbedaan antara putaran 1, 2, 3 dalam dinamika kelompok tadi?
  2. Bagaimana perasaan anda dalam dinamika kelompok tadi ?
  3. Apa refleksi anda mengikuti permainan tadi?

 Refleksi

  1. Permainan/dinamika kelompok tadi memang terasa sakit dibagian siku atau lengan tetapi tidak akan membuat kita cidera. Artinya dalam kehidupan kita juga ada banyak tantangan namun untuk mengembangkan kita bukan untuk menciderai.
  2. Kekuatan permainan sebenarnya berada dilengan seluruh siswa bukan hanya pada kelompok yang disebutkan saja. Dan kekuatan yang lain adalah kepercayaan pada orang lain bahwa saya yakin akan kemmpuan orang lain untuk mengangkat saya.
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment