Article Detail
E-Commerce sebagai Wadah Para Pelaku Usaha UMKM di Masa Kini
Memasuki dunia modern pada saat ini, perkembangan dunia digital tumbuh begitu pesat sehingga kemajuan setiap tahunnya tidak lepas dari andil dunia online.
Hal ini berdampak besar pada semua sektor, termasuk sektor bisnis dan ekonomi. Salah satu bentuk dari kemajuan dunia digital adalah pada sektor usaha yang berbasis digital yaitu e-commerce.
Di Indonesia sendiri, dunia bisnis mengalami peningkatan pesat semenjak adanya e-commerce. Hal ini dikarenakan kemudahan dan kepraktisan yang dihasilkan oleh e-commerce.
Sebelum adanya e-commerce, proses transaksi jual beli mulai dari kebutuhan sehari-hari,makanan,hingga pakaian harus dilakukan secara langsung. Namun dengan kehadiran e-commerce semua itu berubah dengan hanya menggunakan smartphone.
Berdasarkan data menurut Good Stat dari Good News From Indonesia pengguna aktif e-commerce di Indonesia pada 2020 lalu mencapai angka 277.947.466.
Kendati demikian, pada tahun 2021 terdapat peningkatan signifikan terhadap pengguna e-commerce sekitar 70 persen. Hal ini menjadikan e-commerce sebagai peluang ekonomi digital yang besar untuk berinvestasi, terutama Indonesia memiliki penduduk yang banyak sehingga terjadinya peningkatan permintaan pada aplikasi e-commerce.
Peningkatan yang terjadi pada pengguna aktif e-commerce diharap juga dapat membantu para pelaku usaha UMKM. E-commerce dapat menjadi wadah para pelaku usaha UMKM sehingga memiliki peluang besar untuk mereka mengembangkan bisnisnya serta memungkinkan para pelaku UMKM melakukan pemasaran dengan tujuan pasar global, sehingga dapat menembus pasar ekspor yang lebih besar.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak terlepas dari hasil yang diambil oleh para pelaku UMKM. Dapat dilihat berdasarkan data Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai 60,34% pada tahun 2018. Hal ini menjadikan UMKM turut serta memberikan dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat Indonesia.
E-commerce dapat menjadi jalan bagi UMKM untuk dapat memasuki pasar ekspor. Teknologi digital menjadi peluang bagi UMKM untuk memasuki pasar global. Teknologi yang kini lebih mudah untuk dikembangkan dan membuka peluang bagi UMKM untuk menggunakan e-commerce dalam menjalankan usahanya.
Berbagai inovasi harus diciptakan para pelaku UMKM untuk menghasilkan produk-produk berkualitas sehingga hal tersebut dapat menarik minat beli para pembeli melalui e-commerce. Dengan kualitas yang dimiliki akan membuka peluang pasar yang lebih besar sehingga pada akhirnya dapat menembus pasar global.
-
there are no comments yet