Article Detail

FEATURE "Perjalanan ku Studi Lingkungan dan Budaya"

Kami siswa kelas X SMA SANTO CAROLUS diminta berkumpul pukul 6.00 WIB, setelah itu kami diabsen satu-persatu, setelah itu kami foto bersama perkelas. Kemudian kami berdoa pada pukul 7.30 WIB agar kami sampai ketempat tujuan dengan selamat, tidak lupa bapak Agus selaku kepala sekolah memberikan kami beberapa wajengan agar kami semua tetap menjaga nama baik sekolah, setelah itu kami mulai berangkat pada pukul 8.00 WIB. Kami dibagi menjadi 3 bus dan diacak, tetapi teman 1 kelompok tetap berada dalam bis yang sama. Dibus banyak yang ngobrol dengan sebangkunya, ada yang bermain hp, ada yang langsung memakan camilan yang telah dibawa dari rumah. Tujuan pertama kami ke Pabrik Sarung Tangan Driyorejo, Gresik. Kami tiba disana pada pukul 9.00 WIB, pabrik ini pemiliknya bernama Jack, alumni dari SMA SANTO CAROLUS. Disana kami dapat mengetahui bagaimana cara untuk membuat sarung tangan yang baik dan aman untuk digunakan oleh pekerja, ketika kami sampai disana kami dibagi 2 kelompok yaitu kelompok 1 untuk X-1 dan X-2 serta kelompok 2 untuk X-3 dan X-4. Kami semua baru selesai pada pukul 11.00 WIB. Setelah itu kami langsung menuju ke museum Trowulan, saat pukul 12.00 WIB kami makan siang dibus. Kami sampai di Museum Trowulan pada pukul 12.30 WIB disana kami telah diperingatkan agar tidak memfoto dengan menggunakan flash, kemudian kami dibagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan bus. Disana kami dijelaskan apa saja sejarah kerajaan majapahit yang ada disitu. Setelah itu kami menuju ke candi tikus, kami tetap dibimbing oleh pembimbing yang dari meseum Trowulan. Disana kami dijelaskan sejarah dari candi tikus, terutama adalah nama dari candi tikus yaitu karena pada saat itu candi tersebut banyak sarang tikusnya. Setelah itu kami sempat untuk foto bersama kembali. Kami mulai perjalanan ke hotel Tristar dimadiun, perjalanan kami mulai dari pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Setelah sampai disana kami dipanggil satu-satu untuk diberikan kunci kamair, kemudian kami mulai membersih kan diri dan berganti baju, pukul 20.30 WIB kami makan bersama, setelah itu kami dibriefing untuk kegiatan besok paginya. Kami semua tidur pukul 22.00 WIB.

Hari kedua, kami bangun pukul 5.00 WIB setelah itu kami makan pagi pukul 6.30 WIB dan chek out. Perjalanan kami mulai dari pukul 7.30 WIB, selama diperjalanan ada yang melanjutkan tidur tetapi ada juga yang tidak bisa tidur kembali. Tujuan pertama kami hari itu adalah ke Pabrik Gula Poewodadi, Glodok-Magetan. Disana kami mengetahui bagimana proses pembuatan gula mulai dari tebu sampai dengan gula. Kemudian perjalanan kami lanjutkan ke kerajinan tangan gamelan. Disana bis di parkir agak jauh dari tempat pembuatan gamelan, kemudian kami berjalan kaki sampai ke tempat kerajinan tangan itu, disana kami dapat melihat bagaimana cara pembuatan gamelan, seteah agak lama kami berjalan lagi kesuatu rumah disana kami dapat melihat seperangkat gamelan yang sudah jadi. Setelah itu kami kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan ke Pabrik Penyamaan Kulit, pertama kami sampai disana kami tentu dibriefing terlebih dahulu dan ketika kami mulai berjalan masuk ke tempat pembuatannya banyak dari kami yang tidak kuat untuk masuk terutama cewek, karena tidak kuat dengan bau yang sangat menyengat dari bau kambing. Setelah itu kami naik kembali ke bus dan setelah berjalan kami kembali turun untuk mengetahui kelanjutan setelah kulit-kulit tersebut jadi dan proses untuk dijadikan sepatu, tas, ikat pinggang, dst. Kemudian kami diperbolehkan untuk membeli barang-barang tersebut. Pada pukul 17.00 kami sampai kehotel sarangan tetapi karena bus tidak bisa naik sampai ke hotelnya, maka kami turun di terminalnya dan beberapa anak memutuskan untuk berjalan kaki ada juga yang melanjutkan dengan menunggu mobil, sampai disana kami cepat-cepat mandi tetapi karena disana airnya agak susah untuk naik maka beberapa dari kami baru mandi pukuk 17.30. kami memilki waktu luang yang sangat penjang kemudian kami makan pukul 20.00 dan dilanjutkan dengan renungan, kemudian kami diberi waktu bebas dari pukul 21.00 sampai dengan 23.00 dan kami tidur pukuk 23.00.

Hari ketiga, kami bangun pukul 5.00 dan segera mandi kami sarapan dan check out pukul 6.30. banyak dari kami memilih untuk berjalan kaki ketimbang menunggu mobil, kemudian kami memulai perjalanan pada pukul 7.30 ke telaga sarangan disana banyak yang bermain speedboat, kemudian pukul 9.30 kami melakukan perjalanan kembali ke ponorogo untuk melihat reog, bus kami berhenti didepan gang karena bus tidak bisa masuk. Maka kami semua turun dan berjalan kaki, pertama-tama kami dijelakan apa arti reog tersebut. Kemudian ketika kami akan kembali ke bus hujan turun dengan lebatnya, akhirnya setelah beberapa berlindung kami semua mulai menerjang hujan karena takut hujan tidak akan segera berhenti. Kami melanjutkan perjalanan dan kami sempat berhenti disalah satu rumah makan, tak lama kemudian kami melanjutkan lagi perjalanan sampai kesurabaya pukul 22.00 WIB

Foto Kegiatan

Comments
  • there are no comments yet